Selain Ijazah, Syarat dan Ketentuan Umum Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

Sebagian dari kalian mungkin berpikir ingin melanjutkan studi ke luarbeasiswa negeri. Namun, karena faktor biaya dan lain hal, membuat kita jadi tidak terlalu berharap akan impian tersebut. Kamu tidak perlu khawatir, sudah banyak sekali informasi yang bisa kalian temukan jika sering mencari perihal tentang beasiswa yang kalian inginkan. Sudah banyak platform yang bisa kalian temukan mengenai beasiswa bahkan di media sosial sekali pun. Bahkan banyak universitas atau instansi luar negeri menyediakan beasiswa full untuk pelajar atau mahasiswa yang berniat berkuliah di luar negeri. Kemudian, setiap beasiswa yang universitas atau instansi sediakan pasti terdapat syarat dan ketentuan yang berbeda.

penerjamah ijazah tersumpah

freepik.com

Syarat yang umum biasanya seperti kecakapan dalam berbahasa asing (umumnya bahasa Inggris), sertifikat prestasi, ijazah, transkrip nilai, dan lain sebagainya. Khusus untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, beberapa dokumen seperti ijazah dan transkrip nilai membutuhkan jasa penerjemah, lho! Karena mereka harus melihat datamu dengan bahasa yang mereka pahami. Berikut ini Times akan menjelaskan beberapa syarat dan ketentuan umum pada beasiswa luar negeri. Simak artikel berikut.

Baca juga: Definisi, Peran & Tanggung Jawab, hingga Rekomendasi Sworn Translator

Berkas Beasiswa Selain Ijazah yang Butuh Jasa Penerjemah Tersumpah

Biasanya setiap instansi atau kampus yang menyediakan beasiswa memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Adapun beberapa persyaratan umum yang wajib kamu persiapkan untuk bisa mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri, di antaranya adalah:

1. Surat Rekomendasi

Syarat beasiswa yang pertama adalah adanya surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh pihak kampus atau instansi lainnya. Hal ini sangat penting mengingat surat rekomendasi akan menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika seleksi penerimaan beasiswa di luar negeri berlangsung. Kamu juga perlu menyiapkan surat rekomendasi ini jauh-jauh hari. Karena biasanya penerbitan surat rekomendasi ini cukup lama dan membutuhkan kop surat, tanda tangan pihak yang berwenang serta cap atau stempel sehingga pembuatannya tidak bisa langsung jadi.

2. TOEFL atau IELTS

Syarat yang selanjutnyaa dalah wajib kamu persiapkan adalah TOEFL atau IELTS. Kampus di luar negeri kebanyakan meminta calon siswa atau mahasiswa memiliki nilai TOEFL atau IELTS yang cukup tinggi. Hal ini juga untuk mengukur seberapa bisa kamu memakai dan memahami bahasa Inggris jika kelak nantinya kamu mengikuti kuliah dengan bahasa Inggris.

Untuk mendapatkan skor TOEFL atau IELTS yang tinggi memang cukup sulit dan harus sering mengerjakan latihan soal tersebut. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar menyiapkannya dari sekarang agar mendapatkan skor yang mumpuni. Biasanya skor TOEFL minimal agar kamu bisa mengikuti seleksi beasiswa luar negeri adalah 550 atau 600.

3. Curriculum Vitae dan Dokumen Pribadi

Biodata diri singkat atau sering disebut dengan CV ini juga menjadi salah satu syarat mendapatkan beasiswa di luar negeri yang harus kamu miliki. CV ini harus dibuat dengan menggunakan Bahasa Inggris yang baik serta benar agar pihak kampus atau instansi dapat memahami CV milik kamu . Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan grammar yang kamu gunakan dalam membuat CV ini. Kemudian jangan lupa dokumen pribadimu seperti KTP atau paspor, ini sangatlah penting dan menjadi syarat administratif yang wajib untuk kamu miliki.

4. Penerjemah Ijazah dan Transkrip Nilai Tersumpah

Terakhir, kamu harus menyiapkan transkrip nilai atau daftar nilai yang kamu dapatkan ketika menempuh pendidikan di sekolah menengah atas beserta ijazah. Karena nilai pada transkrip tersebut menjadi salah salah satu bahan pertimbangan yang utama saat kamu mendaftar beasiswa di luar negeri.

Baca juga: Definisi, Fungsi, Hingga Ciri-Ciri Jurnal Internasional yang Harus Kamu Tahu!

Times Translation Service

Itu adalah beberapa syarat dan ketentuan umum untuk beasiswa luar negeri. Setelah semua berkas dan dokumen yang kamu siapkan telah terkumpul, kamu akan memerlukan jasa penerjemahan untuk menerjemahkan dokumen ke dalam bahasa negara yang dituju. Jasa penerjemahan biasanya menerjemahkan Ijazah, transkrip nilai, CV, atau dokumen pribadi lainnya. 

Jika kamu membutuhkan jasa penerjemah ijazah tersumpah, transkrip nilai dan sebagainya, kamu bisa menggunakan layanan penerjemahan yang tersedia di Times Translation Service. Perusahaan ini adalah penyedia layanan penerjemah tersumpah, penerjemah lisan (interpreter), dan penerjemah profesional. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan layanan legalisasi dokumen. Perusahaan ini juga menyediakan beragam bahasa asing yang bisa kamu pilih sebagai bahasa target untuk menerjemahkan dokumen pilihanmu. Lalu, mengapa kamu harus menggunakan Times Translation Agency?

Perusahaan ini sudah terkenal sebagai penyedia layanan express atau layanan tercepat. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir jika harus menerjemahkan video dalam waktu yang singkat. Selain itu, jika kamu menerjemahkan video di perusahaan kami, kamu akan mendapatkan hasil terjemahan yang berkualitas dan akurat. Perusahaan kami juga menyediakan banyak bahasa dan kamu dapat selalu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim marketing kami pada situs resmi kami di sini.

Baca juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Dokumen Translator pada Smartphone



Tinggalkan Balasan