10 Rekomedasi Film Sci Fi Terbaik Menurut Rating Penonton

Menonton film sudah menjadi salah satu hiburan yang bisa kita nikmati setiap saat. Hiburan ini juga termasuk jenis hiburan yang murah dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil juga hingga orang dewasa pasti senang jika menonton film. Setiap film pastinya memiliki alur cerita juga plot yang akan tersajikan dalam setiap adegan. Dari cerita dan plot tersebut kita bisa mengelomokannya sesuai dengan genrenya. Banyak jenis genre yang perlu kamu ketahui, seperti action, romantic, thriller, horror, comedy, dan juga sci fi. Dari beberapa genre tersebut kamu bisa memilih dan memilah film mana yang ingin kamu tonton sesuai dengan apa yang kamu suka juga menarik menurut kamu.

film sci fi terbaik

freepik.com

Film bergenre sci fi juga termasuk salah satu genre terbaik dan juga cukup banyak penggemarnya. Karena biasanya para penggemar dari film bergenre ini tertarik pada konflik cerita yang tersuguhkan pada filmnya. Nah, oleh karena itu hari ini Times akan memberikanmu beberapa rekomendasi film bergenre sci fi terbaik juga terpopuler hingga saat ini. Simak berikut artkel ini.

Film Bergenre Sci Fi

Film fiksi ilmiah atau science fiction (sci-fi) adalah salah satu genre yang menggunakan penggambaran fenomena merujuk elemen imajinasi sains. Tapi, itu hanya sains fiksi dan spekulatif yang berarti tidak sepenuhnya sesuai pembuktian sains ilmiah atau benar adanya. Biasanya, genre ini bercerita tentang bentuk kehidupan di planet lain, pesawat luar angkasa, cyborg, robot, perjalanan antargalaksi, perjalanan masa depan atau lampau, dan teknologi canggih lainnya.

Menurut Vivian Sobchack, kritikus dan ahli teori perfilman mendefinisikan genre film sci fi menekankan ilmu pengetahuan aktual, perkembangan nilai variabel, dan metode empiris. Sobchack menjelaskan, genre fiksi ilmiah juga mengangkat konteks sosial dengan transendental magis, tapi kurang menekankan aspek agama. Pandangan Sobchack menunjukkan adanya rangkaian antara transendental (supranatural) dan empirisme (dunia nyata). Isu kontroversial dalam film fiksi ilmiah cenderung dalam dua alur cerita umum, yaitu utopia atau distopia. Dari film genre ini, sutradara menyuguhkan pada penonton akan menjadi lebih baik atau buruk masa depan nantinya. Berikut ini, kami memiliki 10 rekomendasi film sci fi terbaik menurut rating favorit penonton. Simak artikel ini.

1. Inception

Inception merupakan salah satu film sci-fi terbaik karya Christopher Nolan. Dalam film ini, Dom Cobb adalah pencuri yang terampil dalam seni ekstraksi berbahaya, yaitu mencuri rahasia berharga dari jauh di dalam alam bawah sadar selama keadaan mimpi. Kemampuan langka Cobb telah membuatnya menjadi ahli dalam spionase perusahaan, tetapi juga membuatnya menjadi buronan internasional dan mengorbankan semua yang pernah dia cintai.

Sekarang, Coba ditawari kesempatan untuk menebus perbuatannya. Satu pekerjaan terakhir dapat mengembalikan hidupnya, jika dia berhasil. Alih-alih pencurian yang sempurna, Cobb dan tim spesialisnya harus melakukan kebalikannya: tugas mereka bukanlah mencuri ide, tetapi menanamnya. Jika mereka berhasil, perbuatan itu bisa menjadi kejahatan yang sempurna. Tetapi, tidak ada perencanaan atau keahlian yang dapat mempersiapkan tim Cobb untuk musuh berbahaya yang tampaknya memprediksi setiap gerakan mereka.

2. The Matrix Trilogy

The Matrix merupakan salah satu film sci-fi terbaik sekaligus film hacker terbaik yang layak ditonton. Dalam film ini, Thomas A. Anderson adalah seorang pria yang menjalani dua kehidupan. Pada siang hari, dia adalah seorang programmer komputer biasa. Namun, pada malam hari, dia menjadi seorang hacker yang dikenal sebagai Neo. Neo selalu mempertanyakan realitasnya, tetapi kebenarannya jauh di luar imajinasinya. Neo mendapati dirinya menjadi sasaran polisi ketika dia dihubungi oleh Morpheus, seorang peretas komputer legendaris yang dicap teroris oleh pemerintah. Sebagai pemberontak melawan mesin, Neo harus menghadapi program komputer super kuat yang ditujukan untuk menghentikan Neo dan seluruh pemberontak manusia.

The Wachowski Brothers menciptakan dunia cyberpunk yang menakjubkan lewat The Matrix dan dua sequel-nya, The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions. Neo, yang dianggap sebagai “the one”, adalah sosok yang dianggap bisa meruntuhkan kekuasaan tirani berupa mesin dan menyelamatkan umat manusia.

Cerita yang penuh dengan filosofi dari agama-agama dan karya-karya klasik ini sangat rumit, bahkan hingga ke akhir filmnya masih membuat penonton berpikir dengan maksud yang disampaikan film ini. Dengan adegan action dan martial arts yang mutakhir, salah satunya inovasi adegan “bullet time”, akan menjamin penonton betah dan mengikuti petualangan Neo dalam membebaskan umat manusia.

3. Interstellar

Masa depan bumi terancam oleh bencana, kelaparan, dan kekeringan. Hanya ada satu cara untuk memastikan kelangsungan hidup umat manusia, yaitu perjalanan antarbintang atau interstellar. Untuk itu, sebuah wormhole yang baru ditemukan di tata surya memungkinkan tim astronot pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi manusia sebelumnya. Para astronot berusaha mencari sebuah planet yang berpotensi memiliki lingkungan yang tepat untuk menopang kehidupan manusia.

4. The Terminator

The Terminator layak menjadi salah satu film sci-fi terbaik. Film ini berlatar waktu pada 2029, di mana mesin telah menaklukkan seluruh dunia. Suatu saat, pembunuh cyborg yang tidak dapat hancur yang terkenal sebagai “Terminator” dikirim ke tahun 1984 di Los Angeles. Terminator memulai misinya untuk membunuh wanita paling penting umat manusia: Sarah Connor. Namun, dari masa depan pasca-apokaliptik yang dilanda perang yang sama, muncul seorang pembela yang terluka dalam pertempuran bernama Kyle Reese, seorang prajurit pemberani dari Tentara Perlawanan manusia. Kyle bertekad menghentikan pembunuh sibernetik itu. Tapi, Terminator tidak punya perasaan, dia tidak tidur, dan tidak akan berhenti sampai dia menyelesaikan tugas suramnya. Apakah masa depan umat manusia bisa selamat dari Terminator?

5. Avatar

Film sci-fi terbaik dengan lokasi di Planet Pandora ini memakan waktu yang sangat lama untuk mencapai layar lebar. Bermula pada tahun 1994, James Cameron menulis sendiri ceritanya, membuat sendiri bahasa bangsa Na’vi dan membikin kamera sendiri yang mampu memudahkan proses produksi film yang saat ini masih menempati posisi pertama film terlaris di dunia.

Penggunaan kamera stereoscopic terbilang sebagai terobosan baru di dunia perfilman yang memudahkan proses syuting dengan langsung menggunakan special-effects dan CGI secara sekaligus. Karena kesuksesannya, James Cameron berencana membuat tiga film lanjutan yang akan menuntaskan kisah bangsa Na’vi di Planet Pandora ini.

6. Gravity

Dibintangi oleh dua nama besar, Sandra Bullock dan George Clooney, “Gravity” adalah film yang akan mengajakmu mengagumi pesona luar angkasa sekaligus memberikan kejutan untuk jantungmu. Bagaimana tidak, selama film berlangsung, kamu seperti ikut serta dalam misi pertama Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock) pergi ke luar angkasa. Dalam misi ini, Ryan pergi bersama Astronot Matt Kowalski (Geoge Clooney).

Perjalanan mereka ke luar angkasa membawa misi memperbaiki hubble space telescope. Mission Control di Houston berusaha memperingati mereka bahwa ada misil Rusia yang menyerang satelit yang sudah mati.

Ryan dan Matt harus bertahan hidup di luar angkasa setelah mereka terhempas oleh puing-puing satelit tersebut.

7. Men in Black Series

“Men in Black” mengangkat cerita tentang agen rahasia yang bertugas menangkap atau menertibkan alien yang berada di bumi. Dengan peralatan canggih, agen-agen Men in Black tak segan-segan menghentikan alien yang memberontak dengan peraturan yang ada. Film ini akan mengajakmu melihat berbagai wujud alien. Bahkan, ada pula alien yang berupa persis seperti manusia. Dengan sedikit sentuhan komedi, keempat film “Men in Black” ini akan menjadi hiburan yang sangat menyenangkan.

8. Ghost in the Shell

Film asal Jepang ini menjadi salah satu film sci-fi terbaik sekaligus anime movie terbaik. Ghost in the Shell menceritakan agen federal cyborg Mayor Motoko Kusanagi dalam mengikuti jejak “The Puppet Master” yang secara ilegal meretas ke dalam pikiran komputerisasi hibrida cyborg-manusia. Film ini berlatar tahun 2029, saat semua teknologi telah maju sehingga cyborg menjadi hal yang biasa. Selain itu, otak manusia dapat terhubung ke internet secara langsung. Mayor Motoko Kusanagi adalah seorang perwira di Bagian 9, yaitu divisi polisi elit dan rahasia yang menangani operasi khusus, termasuk terorisme dan kejahatan dunia maya. Mayor Motoko Kusanagi harus menangkap The Puppet Master dan menghentikannya dari meretas otak cyborg untuk mendapatkan informasi dan melakukan kejahatan lainnya. Bersama dengan rekannya, Mayor Motoko Kusanagi memojokkan sang peretas. Tetapi rasa ingin tahunya tentang identitas peretas membawa kasus ini ke arah yang tidak terduga.

9. Trilogi Planet of the Apes

Cukup menegangkan tapi juga mengharukan, Rise of the Planet of the Apes mengambil kisah sci-fi tentang Will Rodman (James Franco) dan kera jeniusnya. Will merupakan seorang ilmuwan di San Francisco, ia sedang bereksperimen dengan obat yang ia harap dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer ayahnya (John Lithgow).

Setelah pekerjaannya dianggap gagal, Will menjadi penjaga Caesar, bayi simpanse yang terpapar obat Will di dalam rahim. Caesar menampilkan kecerdasan yang tidak biasa, dan Will memutuskan untuk melanjutkan eksperimennya secara diam-diam. Tetapi ketika kecerdasan dan kemampuan Caesar tumbuh, dia malah menjadi ancaman bagi manusia di bumi. Rise of the Planet of the Apes menjadi film pertama dari trilogi film pertikaian antara koloni kera cerdas dan koloni manusia ini. Cerita Caesar berlanjut pada Dawn of the Planet of the Apes (2014) dan terakhir peperangan epik di War for the Planet of the Apes (2017).

10. The Martian

Film sci-fi lainnya yang tak kalah menarik adalah The Martian yang rilis pada 2015 silam. Peran Matt Damon pada film ini mengisahkan seorang astronaut, Mark Watney (Matt Damon) yang terduga tewas di planet Mars oleh rekan-rekannya akibat badai dahsyat.

Ia pun hidup seorang diri di planet Mars yang gersang. Dengan perbekalan yang tersisa, ia berusaha bertahan hidup dan mengirim sinyal ke bumi bahwa ia masih hidup. Sementara itu, di Bumi, anggota NASA dan tim ilmuwan internasional bekerja tanpa lelah untuk membawanya pulang. Mereka harus hati-hati dan teliti dalam misi tersebut supaya tidak gagal. Lantas berhasilkah Mark pulang ke bumi?

Baca juga: Bukan Hanya Netflix! Ini Dia 7 Aplikasi Nonton Film Secara Legal & Gratis!

Times Translation Service

Kamu telah membaca artikel mengenai 10 rekomendasi film sci fi terbaik menurut rating favorit penonton. Masih banyak film yang populer juga terkenal bergenre sci fi. Kamu tentu bebas memilih film yang menurutmu menyenangkan dan sesuai dengan selera kamu.

Jika kamu membutuhkan penerjemah subtitle film, kamu bisa menggunakan layanan penerjemahan yang tersedia di Times Translation Service. Perusahaan ini adalah penyedia layanan penerjemah tersumpah, penerjemah lisan (interpreter), dan penerjemah profesional. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan layanan legalisasi dokumen. Perusahaan ini juga menyediakan beragam bahasa asing yang bisa kamu pilih sebagai bahasa target untuk menerjemahkan dokumen pilihanmu. Lalu, mengapa kamu harus menggunakan Times Translation Agency?

Perusahaan ini sudah terkenal sebagai penyedia layanan express atau layanan tercepat. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir jika harus menerjemahkan video dalam waktu yang singkat. Selain itu, jika kamu menerjemahkan video di perusahaan kami, kamu akan mendapatkan hasil terjemahan yang berkualitas dan akurat. Perusahaan kami juga menyediakan banyak bahasa dan kamu dapat selalu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim marketing kami pada situs resmi kami di sini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Action yang Wajib Kamu Tonton Pas Waktu Luang!



Leave a Reply